my shipu

my shipu

Selasa, 10 Maret 2015

Rantai Masih Bagus/Baru Tapi Berisik? Cek Bagian Ini, hati-hati Swing Arm Bolong!

Gara2 ngliatin mamasku ngganti rantai motor konsumennya, jadi inget kejadian membingungkan beberapa saat lalu. Udah lumayan lama sih, tapi cukup penting buat di share buat para bikers yang doyan bertouring ria.

Kejadiannya waktu pagi hari waktu berangkat kerja, tiba2 ada suara aneh muncul seperti suara rantai yang sudah berumur, padahal rantai belum ada 1 minggu ganti. Langsung menepi dan mengecek keanehan yang terjadi, ketegangan rantai normal, pelumas masih basah. Hmmm, antisipasi aja dah, tambah pelumas lagi, buka jok & keluarin botol pelumas yg berisi Oli Gardan SAE 90. Botolnya kecil lho, cuma berkapasitas 100ml, tau sendiri jok jupiter mx mini banget :v .

Oli Gearbox/Gardan SEA 90, murmer & bikin suara rantai makin silent, & ga mudah kering (y)


Tapi, nanti dulu, cari jerenggulan (tanah yang menonjol/memunjak buat nyetandarin tengah MX ane, maklum ini MX kesayangan shock belakangnya udh dibuat tinggi, & belum sempet nyambung standar tengah. Langsung dah jegleeggg, motor sudah bisa di putar ban belakangnya dan seerrrrrrrr, ban belakang di putar sambil menuangkan pelumas di bagian pin & bushing bagian dalam motor. Kasih aja secukupnya, jangan berlebihan biar kagak muncrat kemana-mana.

Sampai dirumah, siapkan toolsnya yg cuma butuh kunci T10 atau 10ring juga bisa, langsung pretelin dah Spatbor kolong New Jupiter MX yang menyatu dengan tutup rantai nya, juga ngelepas tutup rantai depan. Perkiraan ane ini yang bermasalah pasti Dumper Tahanan Rantai, itu lho karet yang melindungi arm dari gesekan rantai, kalo nama sparepart di Part Catalogue yamaha sih namnya Seal Guard, dan benar perkiraan ane, sudah berlubang & telah mengkikis arm sampe lumayan dalem tapi ga sampe tembus :( .

Nih tersangka yang bikin rame, buoloonnggg...:3

Inilah akibat ulah tersangka, nyaris bolong :(

Ah, udah hampir maghrib pula, dealer & toko sparepart juga pasti ude pade tutup. Sementara akalin dulu dah, besok baru beli nyang baru. Ngubek-ngubek di gudang dapet karet ban dalem bekas, & lem buat karet, langsung dah itu karet ban dalem di lem sama Seal Guard bagian bawah. langsung pasang lagi dah itu Seal Guard buat jaga-jaga sampe dapet yang baru. Beresin peralatan langsung capcus mandi, ganti baju & ngibrit ke masjid depan rumah, soalnya nyonya besar udah triak-triak nyuruh kemasjid :v.

Kelar shalat maghrib, langsung ngadep kedepan laptop & ngubek-ngubek Part Catalogue Yamaha, dan ketemu! Barangnya sepele, harganya juga terjangkau, tapi ngeselin kalo udah rusak, brisiknya rantai kemana-mana.


Ini dia yang perlu diganti, punya Old MX

Dan ini Seal Guard punyaa New MX, harganya kok lebih mahal ya? padahal kode partnya sama, F2151-00.

Ok fix, besok cari dah langsung yang original sekalian biar awet, soalnya dulu pernah punya pengalaman yang sama di Honda Karisma bokap dulu, di beliin yang ecek2, baru jalan muter-muter komplek  dan belum ada sehari langsung bunyi lagi &Seal Guard nya mbrudul jadi bubuk :v.

Tanya mas Roy di Yamaha Bahana Sidomulyo, ga ready stock barangnya, kalo mau dipesenin lusa bisa diambil katanya. Weleh, lha butuhnya secepatnya geh :3. Terus sambil pulang kerja skalian mampir ke PT. Lautan Teduh Interniaga Yamaha Pahoman, Bandar Lampung dan akhirnya apa yang diharapkan pun ada, ready stock 5 biji. Ambil 1 biji aja dah, lha whong butuhnya cuma sebiji :v, bayar kekasir langsung cusss balik.

Sampe rumah langsung pretelin lagi dan part pengganti pun menggantikan yang lama, yang sudah berjuang sampai 62000km lebih. Tak lupa Swing Arm yang lecet gara-gara gesekan rantai di tambal pakai lem besi biar karat ga mampir & bikin bolong.

Seal Guard Original, kemasannya buluk karena stock udh lama banget katanya bagian sparepartnya.

Dan terpasang aman pada tempatnya, maaf motornya buluk, lagi musim hujan sih dimarih. :)

Kelar terpasang, langsung coba muterin ban belakang, dan hasilnya josshhh...suara brisik yang tadinya bikin rame sepanjang perjalanan kini telah sirna. So, buat biker yang sayang sama motornya, jangan lupa cek bagian ini yak biar kagak bikin malu gara-gara brisik.

#SafeYourBike #SafeYourLife :)

6 komentar:

  1. http://imgur.com/jokzWLj

    Bro kalau masalah ky gini gmn ya solusinya?

    Thanks,,

    BalasHapus
  2. kok kayaknya baut gearnya mepet swing arm ya? bosh nap gearnya kepasang ga tuh?

    BalasHapus
  3. Itu mungkin karena shock belakang di tinggikan bro.. makanya nempel bnget ke sealguard nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, skrng aja udh dalem lagi karetnyta kemakan rantai :v

      Hapus