MX emang canggih, dengan piston semungil itu (54mm) dikasih sistim pendingin cair alias radiator, bandingkan aja sama paa saudaranya si Byson, yg spistonnya lumayan gede aja masih pake pendingin udara, lirik lagi sang kakek buyut si Kalajengking dengan seher jumbonya (70mm), belum ada ceritanya sampai saat ini yg overheat.
Yang mau ane bahas bukan soal sistim pendinginnya, tapi soal tabung reservoir yang posisinya riskan terhadap benturan karena posisinya di bawah mesin, tepatnya di bawah body sayap depan. Selain riskan terhadap benturan, juga gampang kotor kena cipratan lumpur & kotoran dari spatbor depan. Ga kebayang kan malesnya nyuci dibagian yang nyelip2 gitu, ketutupan body lagi.
|
Photo nyomot dari otomotifnet.com :v |
Dari situ ane punya fikiran buat mindahin ini tabung ke tempat yang layak dan aman. Berbekal nekat ane mulai hunting tabung yang cocok buat menggantikan tabung aslinya yang makan tempat & bentuknya susah buat di selipkan. Dan akhirnya didapatlah tabung ini, yang katanya biasa buat tabung minyak rem mobil, malah dari yang jual ini tabung buat reservoir oli samping, entah yang bener yang mana.
|
Bermacam-macam warna, tapi yang ane pilih warna oriental alias putih, supaya ketinggian coolant bisa terlihat saat di cek. |
Untuk posisi barunya, ane tempatkan di belakang radiator sebelah kiri dengan pegangan/bracket dari plat serbaguna sebagai penahannya.
|
Plat serbaguna yang ane pake buat bracket tabung reservoir, murmer 10rebu dapet 3 biji. |
Plat ane bentuk membulat, mencengkram badan botol dengan karet ban bekas & double tape sebagai peredam getaran & tekanan supaya tabung reservoir tidak pecah. jangan lupa bagian tutup atas tabu reservoir dibuat lubang untuk pernafasnnya. Disini ane memakai pentil ban motor sebagai niplenya dan selang pernafasan dari tabung radiator aslinya ane pindahkan kesini.
|
ini tabung yang ane pilih, warna putih, harganya 10rebuan aja. |
|
Posisi terpasang tabung reservoir radiator, simple & rapi (selangnya belom di potong :v ) |
|
Hayo, diumpetin dimana tabung reservoirnya :) |
|
Nyantai dulu lah, biar kagak stess :P |
Beli tabungnya dibengkel mobil ya bro?
BalasHapusbeli tabung di toko/bengkel variasi juga ada mas
Hapusagil prayogo : kau carik aja di ulekareng dr. mansur hahahahaah
Hapusagil prayogo : kau carik aja di ulekareng dr. mansur hahahahaah
Hapusagil prayogo : kau carik aja di ulekareng dr. mansur hahahahaah
HapusBro setelah di rubah axselerinya ga masalah maksutnya apakah tdk mengganggu atau normal normal aja
BalasHapusBro setelah di rubah axselerinya ga masalah maksutnya apakah tdk mengganggu atau normal normal aja
BalasHapusga ngefek apa2 mas ke mesin...ini cuma ngakalin reservoir biar aman & ga jadi sarang kotoran
HapusBro kalo ganti tmpat air radiator gitu sayapnya bisa d pasang gk bro?
BalasHapussangat bisa mas, itu posisinya di beakang radiator, ga ganggu sayap sama sekali... itu sayap an ga dipasang karena panel iner/dek tengahnya ane potong
HapusOm numpang tanya tapi itu aman aman aja di simpen di atas air radiatornya?
BalasHapusselama ini motor ane ga pernah ada problem gara2 pindah posisi reservoir ini. ane pun mindahin posisi ini karena juga habis ngintip posisi reservoir piksen & vario yg juga posisinya di atas.
HapusAne baru ganti posisi nya neh tp ko sering tumpeh2 yaa,, ada solusi nya ga? Apa karena belum ane pasang karet ban nya kali ya?
HapusAne baru ganti posisi nya neh tp ko sering tumpeh2 yaa,, ada solusi nya ga? Apa karena belum ane pasang karet ban nya kali ya?
Hapusbetul, jadi ga apet. cek lagi sabungan selang & tabungnya, kali aja ada kebocoran/retak
HapusAne baru ganti posisi nya neh tp ko sering tumpeh2 yaa,, ada solusi nya ga? Apa karena belum ane pasang karet ban nya kali ya?
BalasHapusSelang nafas nya dipasang gak?
HapusBang bikin tutorial cara pasang ke semula dong bingung nih letak besi"nya
BalasHapussimpen aja foto diatas & minta bengkel pasangin
HapusBeli botolnya di toko apa sob
BalasHapusbengkelbiasa/varias, bilang aja tabung variasi oli samping ninja
HapusBeli plat serbagunanya dimana yaa?
BalasHapusbengkel banyak
HapusMaaf bang kurang paham di bagian niplenya, tabungnya dibolongin dulu kan ya buat niplenya terus apa niplenya ga bocor?
BalasHapusBung, saya udah coba, sesuai gambar tapi ada efeknya,
BalasHapusAir yg di tabung cepet abis
Trs air radiator nya cepet kurang jadi ane selalu tambahin air trs
Mohon bantuannya