my shipu

my shipu

Selasa, 10 Maret 2015

MX Anda Susah Hidup & Tidak Mau Langsam Seperti Biasanya? Coolant Cepet Habis & Keluar Dari Knalpot? Waspadalah!!!

Suatu pagi, niat hati mau warm up tunggangan kesayangan eh, malah susah hidupnya. Biasanya di pencet tombol starter sekali langsung hidup, ini harus berkali-kali sampe harus ngalah mancal pake kick starter (ga papa lah, itung-itung olah raga). Setelah mesin hidup, geber dikit terus tak lepas gasnya mau tak tinggal mandi, eh malah mesin langsung mati ga mau langsam, ada yang ga beres nih. Hidupin ulang terus ngecek kolong mesin, eh ada air kehijauan bercampur jelaga keluar dari lubang pembuangan air di siliencer knalpot. Seketika itulah langsung degdegan, "pasti masalah ini motor!" batin ane.

Sambil tetep mantengin gas biar ga mati, langsung samber hp lanjut bbm mas Alfian & mas Sigit duo ganteng mekanik Yamaha Bahana Sidomulyo. Setelah mengungkapkan masalah si Shipu, mereka fix langsung menyimpulkan "Paking Headnya udh minta ganti itu mas? Hidupnya susah to, udah bawa sini aja tak beneri". Weleh, paking head? Turun mesin dong? Sebenernya sih memang sudah waktunya, mengingat jarak tempuhnya yg sudah menyentuh 65000km lebih. Ok dah, lusa langsung bawa ke dealer aja.


My shipu LV
Pagi lusanya waktu mau berangkat, ane coba bbm mas Roy, bagian sparepart Yamaha Bahana Sidomulyo untuk mengecek ketersediaan sparepart yang ane butuhkan. Karena sekalian turun mesin, skalian ganti ring & pistonnya sekalian lah, karena mesin juga udh mulai demen makan oli (baca : ngebul :v). semua sparepart yang ane butuhkan ada, kecuali paking head mx. "Adanya pakingnya vixion bro (3C1), tapi bisa kok di pake!". Ok lah, langsung meluncur ke TKP.

Begitu sampe sana langsung rame, berhubung udah pada kenal sama mekanik-mekanik disana ya jadi becanda sana-sini jadi hal yang biasa. Mau ada tulisan "Konsumen Dilarang Masuk Workshop", tetep aja mantengin mas Budi mereteli shipu_LV. Dan inilah saat perdana MX ane turun mesin untuk yang pertama kalinya setelah menempuh jarak 65000km lebih.

Mas Budi yang tengah asik dengan rutinitasnya, "merkosa motor" :v
Cover body dilucuti, coolant di keluarkan & belum sempat ngomong kalo itu coolant jangan di buang malah udh masuk tong limbah. Jarene mas budi, "Standar kerja dimari harus langsung dibuang mas & ganti baru coolantnya mas." kata mas budi sambil cengengesan. Itu coolant sebenrenya masih baru sore kemarin ane ganti, tapi tak apalah yang penting MX kesayangan sehat diajak jalan diseparuh umurnya lagi, Amiiin.

Roller Rocker Arm dan kawan kawan

Noken as & rantai keteng/kamprat

Combustion Chamber alias Ruang Bakar, kerak tebal? nothing bro! :v

Linear silinder yang masih shiny, meski ada baret tipis di bagian bawah/klep ex

Kondisi dome piston yang katanya temen-temen mekanik "Keliatan nih yang minumnya pertamax, keraknya tipis!"

kondisi badan piston, baret dalem 1 garis di sisi bawah/klep ex

Dan setelah semuanya di eksekusi & di teliti, mulailah satu persatu part pengganti di pasang, mulai dari paking blok, piston+ring+pen, & paking head di pasang pada tempatnya.

Restorasi Pahe, Paket Hemat :v

Si piston unyu, tapi kerjanya dikompresi tinggi mulu :3  (1 : 10.9)
Tibalah disaat-saat paling menjemukan, nungguin mas Budi skur klep, "beh jaaannnnnn...wetengku luweh iki kang, kerjanan ra rampung-rampung" kata mas budi, ngeledek ane yang mulai laper, maklum dari pagi belond sarapan."Yo wes gek endango istirahat, daripada mengko baut motore turah gara2 luweh!" kata ane.

Walau perut lapar tetep senyum & gosok terus mas bud :v

Ga lama kemudian Roy balik dari makan siangnya & ane pinjem motornya buat cari makan siang. Perut pun akhirnya kenyang terisi & dilanjut ngurangin dosa dulu di masjid (Shalat Zhuhur) & tidur-tiduran sebentar sambil balesin sms dari nyonya :) . Puas beristirahat, balik lagi ke dealer dan zeng-zeng, shipu_LV mesinnya sudah naik semua & sudah anget, pertana ini motor udh di hidupin. Mas sigit yang berada ga jauh dari meja kerjanya bilang, "Hidupin aja mas, kali aja ada yang kurang, mumpung bodynya belond dipasang!". Tanpa disuruh dua kali, langsung kontak ON, & pencet tombol starter, ckeeekkk....weleeehhh, ko ra kuat? coba lagi untuk ke2 kalinya, ckeeekkk...greeenngggg...mesin pun nyala, dan suaranya, ceesss...adeeemmm mas bro macem mesin baru, cuma suara husuuukkk...husuuukkk aja yang kedengeran sama deru siliencer yg nyaring garing. Geber dikit, mbreeeemmm....mbreeemmmmm, asap putih tipis  yg biasanya menghantui, kini hilanglah sudah.

Biaya Servicenya 534rebu, sudah termasuk jasa (y)

"Piye mas, ada yang kurang? mas budi datang dengan mulut has habis makan. Josh lah, langsung pasang body! jawabku. Pasang body kelar, langsung test ride, enteng mas bro, di gas pol juga asap putih udh kagak keluar lagi. Mantap lah, tapi kok starternya kaya ada indikasi aki soak ya? padahalnya sebelumnya ga gini? Ane sampaikanlah uneg-uneg itu, dan jawabannya "Piston+ring baru, kompresi naik, jadi agak berat buat angkatan pertamanya." Nah, masuk akal juga jawabannya. langsung bayar, kasih tips buat mas Budi langsung geber pulang dengan senyum mengembang. Ga sia-sia dah masuk dealer, biarpun biayanya relative mahal tapi ada kalim garansinya & kualitas servicenya bisa dipertanggung jawabkan (y).

8 komentar:

  1. Ane juga kalo ada apa2 sama njmx ane pasti larinya ke dealer soalnya deket cuma jarak 1 rumah hehehe 😁

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mesin susah hidup klo dingin, trus klo masuk gigi 1 sering mati sndiri. Kira kira penyebabnya apa y ? Thnkz

    BalasHapus
  4. saya hampir mirip kendalanya....
    tapi saya bingu padahal saya baru turun mensin penyakitnya seperti itu

    BalasHapus
  5. penyakit muncul seperti setelah turum mesin

    BalasHapus
  6. Pengguna Jupe MX hadir.
    Mengalami hal yg sma. Malah motor MX ga mau hdup. Busi baru. Minyak ad .
    Di hdupkan ga mau hdup. Penyakitnya apa bro. Dan solusinya apa.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum... Jupiter mx 135 old sy gak bisa langsam dan klo di gas keluar asep hitam, karbu sdh bersih pake carb clean... Mohon solusinya? Trim's....

    BalasHapus